Cara transfer file dari smartphone android ke laptop tanpa kabel USB?

Posted: Desember 2, 2012 in Tips & Trik Android

Repot juga kalau storage diandroid sudah mau penuh, apalagi kalo kapasitas storage di android sedikit dan tidak ada SDcard eksternal. Hal ini sering dialami yang pakai Galaxy Tab 10.1, di tablet itu tidak ada tambahan storage melalui sdcard.

Kalo sedang bawa charger, kabel usbnya bisa dicolok ke laptop, dan folder storage smarphone atau tablet bisa dibuka dari laptop, tapi kalo ada masalah dengan kabel, misalnya tidak terinstall driver Samsung Kies-nya atau ndak bawa gmana?

Bikin Website Toko Online. GRATIS.
di: http://www.produkdalamnegeri.com

Masih ada cara lain, yakni transfer file melalui ftp. Caranya install ftp server. Bisa cari di Play Store cari yang gratis banyak. Selesai install konfiguasi ftp server dengan memasukan username, password dan port yang digunakan, biasa aku gunakan port 2121. Setelahnya, jalankan saja fungsi thetering di android kita. Lalu jalankan aplikasi ftp server. Lihat ip ftp server kita, biasanya akan ada ip 192.168.43.1

Nah, udah begitu kita nyalakan laptop, cari akses point dari laptop, jika ada akses point android, pilih saja lalu konesikan.

Buka windows explorer, di address bar tulis ftp://username@192.168.43.1:2121 Setelahnya diminta masukan password, masukan saja password ftp yang tadi kita tentukan saat konfigurasi ftp server. Lalu klik OK, dan wualla segera terbuka tuh storage android yang terkoneksi melalui ftp dengan thetering. Kini, tinggal copy/paste atau drag and drop folder atau file yang kita perlukan.

Bikin Website Toko Online. GRATIS.
di: http://www.produkdalamnegeri.com

wpid-ProdukDalamNegeri+com+8.jpg

Mohon tinggalkan Komentar Anda di bawah ini. Terima kasih ! Salam Android